Cobek

Cobek adalah peralatan dapur berbentuk bulat pipih bulat yang gunanya untuk menguleg atau menghaluskan bumbu dapur. Cobek sangat populer di nusantara karena masakan nusantara kaya akan bumbu dan rempah-rempah sehingga perlu alat untuk menghaluskan bumbu tersebut. Nama lain cobek di berbagai daerah di indonesia bermacam-macam yaitu: coet, cowek, lemper, batu penumbuk, ulegan, dan lain-lain. Cobek jenisnya bermacam-macam ada yang terbuat dari kayu aren, batu kali, batu granit, batu gunung, tanah liat dan cetakan semen. Jenis cobek yang paling bagus , paling efektif dan paling enak dipakai adalah yang terbuat dari batu kali, karena tekstur batu kali yang kesat, kasar tapi cobek batu kali ini memiliki struktur yang kokoh dan kuat, sehingga awet dan tahan lama. Bumbu yang diuleg dengan cobek batu kali ini memiliki cita rasa yang khas, karena ada sedikit mineral dari perut bumi yang ikut teruleg bersama bumbu dan membuat masakan menjadi enak. Cobek ini berpasangan dengan alat bernama munthu . munthu/muntu inilah yang menumbuk bumbu-bumbu dengan alas cobek.
Pembuatan cobek dimulai dengan pengumpulan bahan baku cobek yang berasal dari kali pabelan. Batu dikumpulkan dan dikelompokkan berdasarkan diameter batu yang akan dibikin cobek. Batu yang kecil akan digunakan untuk cobek yang kecil, batu yang besar digunakan untuk cobek yang besar. Batu yang sangat besar atau terlalu besar akan dibelah lagi menjadi 2 atau 3 bagian.
Setelah itu, batu yang terkumpul dibentuk global kasar bulat dan pipih agar mudah dalam proses pembubutan. Ukuran cobek ini beraneka ragam dari diameter 8 cm – 40 cm dengan tebal 5 – 10 cm. Kemudian batu bakalan cobek ini diangkut dari sungai menuju tempat pembubutan batu kami yang jaraknya kurang lebih 3 km .
Setelah sampai, batu bakalan cobek ini ditata rapi dan siap untuk dibubut. Kemudian proses pembubutan batu dimulai. Batu bakalan cobek dijepit di mesin pembubut cobek, lalu batu bakalan cobek yang berputar karena mesin pembubut cobek ini di kikis perlahan-lahan dengan besi pipih seperti linggis oleh tukang ahli bubut batu. Pembubut batu kami sangat ahli dalam membubut cobek, karena produk cobek ini merupakan produk bubutan yang setiap harinya mereka kerjakan disamping produk bubutan lain dari batu misalnya lumpang, stupa batu candi, dll. Dan produk cobek batu alam ini permintaan pasarnya sangat tinggi.
Setelah selesai proses pembubutan , cobek batu kali ini kemudian dicuci dengan air hingga bersih. Lalu dikumpulkan di gudang dan diberi nomor berdasarkan diameter cobek. Nomernya dari 8 – 40. Di gudang ini, proses pembuatan cobek batu kali sudah selesai dan siap untuk didistribusikan ke penjual cobek di sepanjang jalan magelang, dari tempel sampai prumpung, tangkilan, batikan hingga palbapang muntilan mungkid. Beberapa agen dari luar daerah juga sering memesan cobek batu kali ini, kami memberi harga grosir untuk pemesanan dalam jumlah banyak.
DISTRIBUSI COBEK
Muntilan merupakan kota kecil penghasil cobek batu kali dengan kualitas yang sangat bagus. Cobek batu kali ini dihasilkan dari mesin bubut. Dalam 1 hari 1 mesin bubut rata-rata menghasilkan 10 buah cobek dengan diameter 30 cm. Kami sendiri memiliki setidaknya 7 mesin bubut batu yang melayani pemesanan cobek dari seluruh daerah di indonesia. Cobek yang sudah selesai dibubut dipacking menggunakan kayu dan diberi pengaman supaya tidak rusak diperjalanan. Kemudian diangkut menuju kota pemesan cobek batu kali. Cobek batu kali ini bisa kami distribusikan hingga luar jawa. Untuk pemesanan yang sifatnya eceran, dapat membeli produk kami melalui aplikasi online yaitu tokopedia.com . sedangkan untuk pembelian grosir dalam jumlah banyak dapat menghubungi nomor whatsapp kami di 087739785588. Untuk pembelian grosir, akan kami bantu pengirimannya dengan mencarikan truk balen. Kami juga mengajak pedagang besar untuk bermitra dengan kami dalam memasarkan produk cobek batu kali ini.

Posted by watupedia

Tinggalkan Balasan