Replika Stupa Candi Borobudur batu lava

Replika Stupa Candi Borobudur batu lava
Replika Stupa candi Borobudur karya pemahat muntilan

Kami mengerjakan dan menjual  Replika Stupa Candi Borobudur batu lava berbagai ukuran mulai dari yang kecil 20 cm hingga yang besar tinggi 3 meter. Bahan yang kami gunakan untuk Replika Stupa Candi Borobudur batu lava ini adalah batu candi atau batu lava yang pada jaman dahulu digunakan untuk membuat candi seperti candi borobudur dan candi prambanan. Harganya variatif berdasarkan ukuran dari 50 ribu sampai 100 juta rupiah.

Stupa candi borobudur biasanya dipesan oleh umat budha dari seluruh indonesia, biasanya dari instansi seperti sekolah budha, vihara, dll. Ada juga yang memesan untuk mempercantik taman, rumah tinggal, kantor dll.  Yang pasti stupa candi borobudur ini merupakan simbol dan identitas kita sebagai bangsa indonesia. Sebagai warga negara indonesia kita bangga lho punya warisan kebudayaan dari nenek moyang kita. Makanya kita wajib menjaga dan melestarikannya.

Stupa candi dengan ukuran kecil biasanya diletakkan di taman, dan diberi lampu bagian dalamnya supaya pada malam hari, stupa candi borobudur ini dapat berfungsi sebagai lampion taman. Untuk stupa candi yang besar, biasanya didalamnya terdapat rupang budha atau patung budha.

Pembuatan stupa candi borobudur ini dikerjakan oleh tukang pahat batu candi yang berpengalaman dan mahir

Replika Stupa candi borobudur yang besar, terdiri dari batu batu yang dipotong dan disusun secara knock down. Proses pembuatan stupa ini dilakukan dengan cara memotong  batu menggunakan mesin potong batu menjadi bagian yang kecil dengan ukuran 30x30x40 cm . batu batu tersebut kemudian distel hingga rapi dan rapat serta tidak ada rongga antar batu. Kami menggunakan mal tripleks yang telah kami gambari dengan pola stupa, supaya tidak ada kesalahan proporsi dalam pembuatan stupa candi borobudur ini.

Pembuatan Stupa Candi borobudur ini dimulai dari bawah.  Setiap tingkat batu diukur dan dicek kerataannya menggunakan waterpas, supaya nanti tidak miring. Supaya nantinya kokoh, maka antar batu dikancing menggunakan besi shape u.

Posted by watupedia

Tinggalkan Balasan