Patung gupala batu muntilan pahat tangan

Patung gupala ini berbahan batu candi utuh tingginya bervariasi dari yang 50 cm sampai 120 cm. Harga patung gupala pahat tangan muntilan bervariasi menurut ukurannya. Untuk pemesanan dapat menghubungi kami via whatsapp
Patung gupala tinggi 1 meter ini adalah karya pematung asli blangkunan muntilan.

Patung gupala ini berbahan batu candi utuh tingginya bervariasi dari yang 50 cm sampai 120 cm. Harga Patung gupala batu muntilan pahat tangan bervariasi menurut ukurannya. Untuk pemesanan dapat menghubungi kami via whatsapp .

perbandingan ukuran Patung gupala batu muntilan pahat tangan
berbagai ukuran gupala dan proporsinya

Para seniman seni pahat di muntilan sudah berpengalaman selama berpuluh tahun membuat patung gupala. Seniman Patung gupala batu muntilan pahat tangan ini banyak tersebar di desa tamanagung, tangkilan, dan blangkunan. Karya mereka sangat luar biasa dan bernilai seni tinggi. Namun ada juga beberapa daerah yang memiliki kualitas ukiran yang kurang bagus atau asal-asalan. Biasanya dari daerah sedayu, karena pada dasarnya  daerah ini bukanlah daerahnya seniman, mereka hanya bisa membuat barang-barang kerajinan seperti cobek, pot dan lain-lain. Oleh karena itu, apabila anda ingin memesan yang patung gupala dengan kualitas bagus datanglah ke desa tamanagung, prumpung, tejo, tangkilan atau blangkunan.

Proses pembuatan patung gupala

Untuk pembuatan patung gupala ini, seniman patung biasanya  terlebih dahulu membuat sket pada batu candi bakalan gupala. Garis ini menentukan proporsi patung gupala yang akan dibuat. Suatu patung gupala, bagus tidaknya ditentukan oleh yang nomer 1 yaitu proporsi. Proporsi harus pas, antara kepala, badan dan kaki patung gupala. Kebanyakan seniman di muntilan sudah hafal proporsi dan bentuk dari patung gupala. Dengan alat tradisional berupa pukul/palu besar, cuplik, tatah, dan mesin selep mereka bisa menyelesaikan sepasang patung gupala dengan tinggi 1 meter dalam waktu 1 bulan.

detail Patung gupala batu muntilan pahat tangan
ketajaman ukiran dan ukiran yang detail menjadi penentu kualitas suatu karya

Patung gupala banyak kita jumpai di pintu masuk bangunan candi hindu, contohnya prambanan. Patung ini digambarkan sebagai raksasa yang gagah lengkap dengan atribut pakaian perang  dan gadanya. Filosofi dari patung gupala ini adalah sebagai penghalang yang menakutkan, dan berwatak angkara murka. Artinya untuk mencapai kesempurnaan, manusia akan menemui hal-hal yang bersifat menghalangi dan bersifat menakutkan, oleh karena itu manusia dituntut untuk bisa mengendalikan diri dari sifat angkara murka dan sifat ingin menang sendiri.

Posted by watupedia

Tinggalkan Balasan