Kerajinan seni pahat muntilan patung gupala

Patung Gupala/Gupolo/Dwarapala

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi kami via WHATSAPP

Para pengrajin muntilan biasanya membuat Patung Gupala/Gupolo/Dwarapala ini dengan bahan batu candi/batu lava utuh. Kami membuat Patung Gupala/Gupolo/Dwarapala dari ukuran kecil hingga besar. Adapun daftar harga gupala adalah sebagai berikut:

Gupala dengan tinggi 50 cm harganya Rp 3 juta

Gupala dengan tinggi 60 cm harganya Rp 3,4 juta

Gupala dengan tinggi 70 cm harganya Rp 4,4 juta

Gupala dengan tinggi 80 cm harganya Rp 5,7 juta

Gupala dengan tinggi 90 cm harganya Rp 10 juta

Gupala dengan tinggi 100 cm harganya Rp 11,5 juta

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu namun perubahan itu tidak banyak selisihnya. Pemesan bisa menghubungi kami via whatsapp . Syukur-syukur ada stok patung yang sudah jadi, apabila tidak ada stok, bisa kami buatkan.waktu pengerjaan kurang lebih 1 bulan.

Arca gupala adalah patung penjaga gerbang atau pintu dalam ajaran Siwa dan Buddha, berwujud raksasa yang sedang duduk dan memegang gada. Arca gupala/dwarapala biasanya dapat kita temukan di gerbang candi/bangunan yang sifatnya melindungi bangunan tersebut. Dwarapala biasanya digambarkan sebagai makhluk yang menyeramkan.

Di jaman yang modern ini, arca gupala beralih fungsi menjadi penghias suatu bangunan menjadi bernilai seni dan terkesan klasik, meski ada juga yang percaya mitos-mitos tertentu. Gupala biasanya ditempatkan didepan joglo, hotel, gedung, kolam renang  untuk menambah estestika bangunan tersebut.

Patung Gupala karya pematung Muntilan

Tahap Pembuatan Patung Gupala ini dimulai dari penambangan batu lava/batu candi di lereng gunung merapi. Batu candi yang ditambang, kemudian dibentuk balok seukuran patung gupala yang akan dibuat, kemudian diangkut ke tempat pematung di daerah Muntilan. Batu bakalan patung gupolo tadi digambari pola  dan dipahat sampai selesai.

berikut ini video pembuatan gupala:

https://www.youtube.com/watch?v=Egwgom-sFyI

Pengiriman Patung Gupala

Pengiriman patung batu candi kami telah menyebar ke seluruh penjuru pulau sumatera, jawa dan bali. Di sumatera kita pernah kirim ke lampung, medan, aceh, palembang, padang, bengkulu dan riau. Di pulau jawa kita kirim ke daerah bogor, bekasi, cikarang, tangerang, tegal, bandung, jakarta, depok, malang, surabaya, . Semarang, jogja, magelang, purwokerto, blitar, jepara, pati, kebumen, magetan, gresik dan purworejo.

Pengiriman patung batu muntilan karya watupedia, umumnya kami menggunakan armada truk. 

Posted by watupedia

2 comments

mantap mas…sukses

Tinggalkan Balasan